Jumat, 02 Maret 2012

Animasi Bendera 3D dengan Cloth Modifier

Kali ini 3dexplore akan membahas tentang bagaimana cara menganimasikan bendera menggunakan cloth modifier pada 3dsmax.
let's check it out!

1. Pada Front View buat Plane seperti ini. Length: 170, Width: 110, Segments 20/20.





2. Kemudian buat cylinder sebagai tiang bendera. Radius: 5, Height: 550.  






3. Gunakan Cloth Modifier ke plane(bendera) dan masuk ke Group rollout. Seleksi Vertex yang berada di dekat tiang bendera. Klik “Make Group, Klik “Node” dan kemudian Klik Tiang Bendera. Node berguna untuk menempelkan vertex ke tiang agar ketika disimulasikan bendera tetap menempel di tiang.




4. Buat dan Taruh Gravity dan Wind di dalam scene seperti ini. Wind: 6






5. Sekarang klik kembali Modifier Cloth untuk keluar dari Group rollout. Masuk ke Object Properties dan pilih salah satu presets(Saya pilih Silk). 







6. Masuk ke Cloth Forces dan tarik masuk Wind dan Gravity dari kiri ke jendela kanan. 






7. Pada Pengaturan Simulation Parameter, Klik Gravity sehingga menjadi non-aktif(digantikan oleh Gravity yang telah dibuat). Centang pengaturan seperti ini.

7. Masuk ke Time Configuration dan atur end time ke 250. 


8. Klik Simulate dan Bendera pun bisa berkibar. Untuk kelihatan lebih Realistik, gunakan Modifier Shell dan Turbosmooth ke Objek Cloth. 





1 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review